Cegah Stroke Dengan Olahraga Sehat

Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama keluarga atau teman teman misal seperti berenang, bermain bola kaki, bulu tangkis, atau sekedar lari pagi. Selain itu olahraga juga sangat baik untuk menjaga stamina tubuh tetap kuat dan jantung tetap sehat.

Gaya hidup moderen yang semakin membuat manusia sedikit bergerak menyebabkan jumlah penderita stroke meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu melakukan olahraga adalah langkah pencegahan yang bijaksana.

Cegah Stroke Dengan Olahraga Sehat

Apa saja manfaat olahraga dalam mencegah penyakit stroke? Mari kita simak dibawah ini:

Menguatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina

Jika rutin melakukan latihan maka denyut jantung dapat menjadi bertambah meningkat sehingga aliran darah dan meningkatkan sirkulasi darah yang menghasilkan oksigen menjadi lancar. Hal ini bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh dan stamina serta suplai darah ke otak untuk mencegah stroke.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Melindungi Kesehatannya

Rutin melakukan olahraga bisa menambah jumlah zat serotonin dan oksigen di dalam otak, sehingga bisa menambah fungsi otak, menguatkan konsentrasi dan bisa meningkatkan dalam menenangkan pikiran.

Meningkatkan Kekuatan Otot Jantung

Selain bisa melancarkan sirkulasi darah, olahraga juga bermanfaat untuk otot jantung agar menjadi lebih kuat dalam menjalankan tugasnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Menurunkan Tingkat Stress

Ketika otak mengalami kelelahan karena berfikir terlalu berat, lebih baik cobalah untuk melakukan olahraga dengan rutin karena olahraga berfungsi untuk menghilangkan pikiran negatif dan stres sehingga otak terasa segar kembali dan dapat untuk berpikir dengan baik.

Tidak Cepat Merasa Lelah

Jika rutin menjalankan latihan olahraga, maka tubuh akan terbiasa dalam melakukan rutinitas yang melelahkan dan berat sehingga tubuh tidak akan mudah lelah.

Lihat artikel tentang obat herbal stroke sebelah kiri yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Lakukanlah olahraga di pagi hari bersama teman teman untuk mendapatkan hasil yang optimal, selain itu biasakan diri Anda berolahraga minimal dua hari sekali untuk mencegah penyakit stroke secara alami.  Hindari berolahraga di malam hari sebab dapat membuat tubuh kelelahan dan tidak segar ketika bangun pagi di keesokan harinya.

Daun Jambu Biji Atas Infeksi Virus Hepatitis

Salah satu buah yang bermanfaat untuk kesehatan adalah jambu biji yang kaya vitamin C dan vitamin A serta mineral seperti potasium, serat, dan likopen. Buah jambu biji ini biasanya diolah menjadi jus atau minuman kemasan yang memiliki rasa asam manis menyegarkan.

Daun Jambu Biji Atasi Infeksi Hepatitis

Namun selain buahnya yang baik untuk pencernaan dan kesehatan rupanya daun jambu biji juga tidak kalah bermanfaat dengan buahnya, salah satunya dapat menangani infeksi virus hepatitis di dalam tubuh. Mari simak manfaat daun jambu biji dalam langkah pengobatan alami penyakit hepatitis di bawah ini:

Menurunkan Tingkat Gula Darah

Daun jambu biji membantu mencegah karbohidrat kompleks yang berubah menjadi gula yang dikenal untuk merangsang nafsu makanan dan kelebihan berat badan menjadi meningkat. Hal ini dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga gula darah tetap normal.

Membersihkan Saluran Pencernaan dan Hati dari Racun

Daun jambu biji memiliki sifat anti-bakteri yang membantu mencegah pertumbuhan mikroba lebih lanjut dalam usus. Daun jambu biji juga dapat mengurangi jumlah racun di dalam tubuh yang dapat meringankan tugas hati.

Mencegah Kanker Berkembang

Kandungan anti oksidan likopen dalam daun jambu biji dapat membantu melawan kanker, khususnya kanker yang berkembang di hati dan sirosis pada hati.

Cegah hepatitis dengan obat herbal hepatitis B paling ampuh yang terbukti bebas efek samping dan mujarab.

Menjaga Tekanan Darah yang Stabil

Daun jambu biji dikenal dapat membantu mengontrol tekanan darah dengan mencegah penebalan darah dan menghasilkan fluiditas aliran darah ke seluruh tubuh. Kadar serat yang tinggi dan sifat hipoglikemia pada daun jambu biji diketahui keduanya berfungsi memerangi tingkat gula darah tinggi.

Melawan Infeksi Hepatitis Secara Langsung

Dengan meminum air rebusan daun jambu biji dapat langsung membunuh virus hepatitis yang menginfeksi hati dan menangkal terbentuknya sirosis pada hati dan penyakit kuning. Minum ramuan ini setiap pagi dan malam hari untuk merasakan khasiat yang maksimal.

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan, setelah mengetahui semua manfaatnya maka tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan daun jambu biji untuk dijadikan sebagai obat alami yang lebih aman dan tanpa efek samping.

10 Mitos Tentang Kanker Payudara

Fakta kanker payudara
Fakta kanker payudara

Saat ini, kanker payudara termasuk jenis kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan di seluruh dunia. Tingkat kematiannya sedikit lebih rendah dibanding kanker rahim, namun bukan berarti boleh diabaikan karena resikonya tetap tinggi terutama jika sel kanker sudah menyebar ke organ lain. Namun sayangnya masih banyak hal yang keliru tentang penyakit ini. Ketahui mitos apa saja yang beredar seputar kanker payudara:
1. Mitos: Payudara Kecil Resikonya Lebih Kecil Terkena Kanker.
Fakta: Tidak ada hubungan ukuran payudara dengan resiko kena kanker payudara. Namun ukuran yang besar mungkin membuat pemeriksaan lebih sulit dilakukan. Tapi semua perempuan harus berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan rutin.
2. Mitos: Payudara Padat Beresiko Lebih Tinggi Terkena Kanker Payudara.
Fakta: Seseorang yang memiliki payudara padat mungkin akan lebih sulit dibedakan antara jaringan normal dengan jaringan kanker, sehingga ada kemungkinan mengalami kesalahan hasil.
3. Mitos: Benjolan di Payudara Adalah Kanker.
Fakta: Sekitar 80 persen benjolan di payudara disebabkan oleh perubahan jinak, kista atau kondisi lain. Namun sebaiknya setiap perubahan yang terjadi meski kecil dilaporkan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah benjolan ini kanker atau bukan.
4. Mitos: Bra Berkawat Menyebabkan Kanker Payudara.
Fakta: Bra dengan kawat bisa menekan sistem limfatik payudara yang menyebabkan racun menumpuk. Tapi sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah untuk hal ini, sehingga belum diketahui kebenarannya.
5. Mitos: Riwayat Keluarga Kanker Memiliki Resiko Lebih Tinggi.
Fakta: Sekitar 70 persen perempuan dengan kanker payudara tidak memiliki faktor resiko untuk penyakit ini. Memiliki saudara atau keluarga dengan riwayat kanker memang bisa meningkatkan resiko, tapi lingkungan juga mempengaruhi.
6. Mitos: Operasi Dapat Menyebabkan Kanker Payudara Menyebar.
Fakta: Operasi atau pembedahan tidak menyebabkan kanker atau membuat kanker payudara menyebar. Ada kemungkinan dokter menemukan jumlah kanker yang lebih besar dari perkiraan ketika melakukan operasi.
7. Mitos: Melakukan Mastektomi Tidak Bisa Terkena Kanker.
Fakta: Tidak ada yang bisa menjamin seseorang bebas kanker, beberapa perempuan ada yang terkena kanker di tempat bekas luka setelah mastektomi. Meski mastektomi bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan, seseorang tetap perlu menjaga gaya hidupnya.
8. Mitos: Terapi Kesuburan Bisa Tingkatkan Resiko Kanker.
Fakta: Beberapa studi menemukan calon ibu yang melakukan perawatan kesuburan cenderung tidak memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker payudara, karenanya peneliti tidak menemukan bukti ilmiah mengenai kabar tersebut.
9. Mitos: Jika Hasil Tes Mamografi Negatif, Maka Terbebas Dari Kanker.
Fakta: Meski mamografi penting untuk skrining dan diagnosis kanker, tapi sekitar sepuluh sampai dua puluh persen menujukkan hasil yang salah. Untuk itu melakukan pemeriksaan payudara sendiri tetap menjadi hal yang penting dilakukan oleh semua perempuan. Baca juga info penting mengenai obat herbal kanker payudara.
10. Mitos: Sedikit Langkah Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Kanker Payudara.
Fakta: Hal ini salah, ada banyak perempuan yang bisa menurunkan resiko, seperti dengan menurunkan berat badan, olahraga teratur, melakukan pemeriksaan payudara sendiri, berhenti merokok dan kenali perubahan yang muncul.

sumber : www.nationalbreastcancer.org

Cara Mengatasi Diabetes Secara Alami

Cegah Diabetes
Cegah Diabetes

Ada banyak cara mengatasi diabetes yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit yang sangat berbahaya ini. Menurut berbagai pakar kesehatan, penyakit yang satu ini merupakan penyakit paling berbahaya ke 4 di dunia setelah HIV, Jantung, dan TBC. Penyakit yang satu ini memang mudah hinggap di dalam tubuh kita, terlebih lagi jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengadung kandungan gula. Selain itu, pola hidup yang tidak teratur juga bisa menyebabkan munculnya diabetes. Gejala umum diabetes harus kita ketahui agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit ini. Berikut ini adalah cara cara yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Berbagai Macam Cara Mengatasi Diabetes dengan Aman
Sebelum mengetahui cara mengatasi diabetes, penting sekali bagi kita untuk mengetahui gejala umumnya. Gejala gejala seperti sering buang air kecil setiap jam, selalu merasa haus padahal baru saja minum, dan selalu merasa lapar padahal baru saja makan adalah ketiga gejala umum diabetes yang bisa kita ketahui. Cara pencegahanya pun tidak bisa kita lakukan sembarangan karena biasanya kita tidak mengerti bagaimana cara menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita. Untuk itu kita harus rajin melakukan konsultasi ke dokter secara teratur agar kandungan gula di dalam tubuh kita turun. Kita juga harus mematuhi anjuran dokter agar kita senantiasa selalu sehat.

Cara mengatasi diabetes yang pertama adalah mengurangi konsumsi menuman bersoda. Minuman bersoda memang sangat nikmat untuk kita minum, namun tahukah anda bahwa sir soda mempunyai kandungan gula yang sangat banyak, melebihi jumlah angka kecukupan gizi perhari. Hal ini memang sangat umum bagi kita untuk mengkonsumsi minuman bersoda untuk menghilangkan rasa dahaga kita, namun ada baiknya juga kita mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih secara teratur. Selain itu, kebiasaan merokok juga menjadi penyebab munculnya diabetes. Meskipun tidak mempunyai dampak yang begitu besar, namun kandungan zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok mampu membuat orang terkena diabetes. Karena itu, hilangkan kebiasaan merokok anda.

Cara mengatasi diabetes yang kedua adalah dengan melakukan aktifitas fisik dan diimbangi dengan memakan kacang kacangan dan biji bijian. Melakukan olahraga seperti jalan kaki dan juga jogging bisa kita lakukan di pagi hari agar kandungan gula di dalam tubuh kita berkurang. Setelah kita melakukan aktivitas seperti olahraga tadi, sebaiknya jangan mengkonsumsi nasi dan makanan berat lainya atau hal ini akan memicu kandungan gula yang ada di dalam tubuh kita akan semakin naik. Konsumsilah kacang kacangan dan biji bijian untuk mengisi perut kita. Nasi juga mengandung banyak karbohidrat yang justru akan membuat perut kita merasa penuh dan olahraga yang kita lakukan akan percuma.

Cara mengatasi diabetes yang ketiga adalah dengan memperhatikan pola makan kita. Makanan makanan yang bisa kita konsumsi ketika kita mempunyai gejela diabetes adalah segala jenis ikan laut, labu, sayur sayuran, oat, roti gandum, ubi jalar, dan juga beras merah. Mengkonsumsi beras merah sangat bermanfaat bagi kita jika kita ingin kenyang meskipun kita terkena diabetes. Beras merah mempunyai kandungan gula dan karbohidrat yang jauh lebih sedikit daripada beras putih. Lalu, makanan yang tidak boleh kita minum adalahnasi putih, kentang, kopi, nangka, dan makanan yang banyak mengandung gula. Jangan sekali sekali mengkonsumsi bahan bahan diatas atau akan membuat gula darah kita meningkat dengan drastic. Untuk masalah jadwal makan, usahakan makan saat pagi hari, siang hari, dan terakhir saat sore hari.

Minyak adalah kandungan yang biasanya akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak seperti gorengan. Bagi kita, gorengan memiliki rasa yang enak dan juga haganya yang murah. Namun, jika kita terlalu sering mengkonsumsi gorengan, maka kadar gula yang ada di dalam tubuh kita akan meningkat secara perlahan. Itulah beberapa macam cara mengatasi diabetes yang bisa kita lakukan agar tubuh kita akan senantiasa sehat.

sumber : www.diabetes.org